Keikutsertaan LIPI dalam Pameran Hakteknas Ke-23 di Pekanbaru, Riau

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke–23 di Kota Pekanbaru, Riau dibuka pada hari sabtu, 8 Agustus 2018. Tema yang diangkat pada Haktenas tahun ini adalah “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” dengan sub tema: “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0.”  Pemilihan tema ini  adalah upaya mendorong terwujudnya Visi Pembangunan Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan merupakan cita-cita besar terhadap manifestasi kedaulatan pangan dan energi yang menjadi isu strategis dunia dan telah ditetapkan menjadi salah satu sasaran prioritas pembangunan dan pengembangan iptek dan inovasi Indonesia hingga tahun 2025.

Peringatan Hakteknas tahun ini diselenggarakan untuk menghargai dedikasi dan prestasi membanggakan seluruh komponen bangsa yang telah mengembangkan iptek dan inovasi untuk peningkatan kesejahteraan, daya saing dan kemandirian bangsa. Juga sebagai upaya mendorong sinergi peran dan fungsi Stakeholder inovasi di daerah yakni pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media massa.

Hakteknas mengelar beragam rangkaian acara meliputi launching, lomba produk inovasi nasional (kategori industri, startup dan masyarakat), bakti inovasi teknologi, dan anugerah iptek dan inovasi nasional. Dipamerkan juga produk inovasi teknologi terbaru yang dihasilkan oleh perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri, khusus Pusat Penelitian Informatika LIPI pada pameran kali ini menampilkan (1) Layanan GRID LIPI dari kelompok penelitian HPC; (2) Wood ID “Sistem identifikasi jenis kayu dengan aplikasi smartphone” dari kelompok penelitian Computer Vision dan (3) Sistem deteksi penyakit tanaman berbasis Deep Learning dari kelompok penelitian Machine Learning. Total Pengunjung yang menghadiri stand pameran LIPI berjumlah 771 orang dari berbagai kalangan.