Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik - LIPI

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

LIPI menyelenggarakan Seminar Nasional Open Source Ke-3

E-mail Print PDF
There are no translations available.

Pusat Penelitian Informatika (P2I) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan Seminar Nasional tentang Open Source Software di ruang seminar Hotel Jayakarta Bandung pada tanggal 7 November 2009.

Seminar ini mengambil tema “Open Source Untuk Semua” yang berarti bahwa open source dapat digunakan dan dikembangkan oleh semua orang, semua kalangan, dapat diaplikasikan pada semua platform, software maupun hardware, semua device, multi vendor, dan multi language.

Open source dapat diaplikasikan pada semua orang dan semua kalangan, maksudnya Open Source tidak hanya konsumsi pengembang dan membentuk komunitas ekslusif tersendiri, tetapi Open Source adalah milik semua orang, semua orang boleh memakai, mengembangkan, mendistribusikan, dan mempopulerkan Open Source.

Open Source dapat diaplikasikan pada semua platform berarti bahwa Open Source dapat berjalan pada beragam arsitektur, sistem operasi, ataupun bahasa pemrograman.

Open Source dapat digunakan pada software yang berjalan pada komputer, maupun hardware lain seperti robot, rangkaian sensor, sistem kontrol industri, sistem keamanan gedung, sistem peringatan dini, dan lain sebagainya.

Seminar ini merupakan seminar ketiga dengan topik Open Source yang diadakan P2I LIPI sebagai agenda rutin. Seminar terdahulu dilaksanakan tahun 2006 dan 2007.

Tampil sebagai pembicara kunci pertama adalah Harry Kaligis (Associate Director Business Development & Community Sun Microsystems Indonesia) dengan materi peluang dan tantangan berbisnis dengan Open Source. Selanjutnya pembicara kunci yang kedua adalah Andry Huzain (General Manager IT Detik.com) dengan membawakan materi kemudahan migrasi ke Open Source.

Acara dilanjutkan dengan launching sistem operasi “Distro Nusantara” dengan kode rilis IGN 2009, yaitu sistem operasi open source gratis yang dikembangkan oleh P2I LIPI, yang merupakan pengembangan dari Igos Nusantara 2008. Pada sesi ini akan didemokan fitur-fitur baru dan petunjuk singkat instalasi dan penggunaan IGN 2009, serta dibagikan Live CD, dan DVD installer IGN 2009 untuk seluruh peserta. IGN 2009 ini dikembangkan oleh peneliti P2I LIPI yang dikoordinir oleh Ana Heryana.

Selanjutkan diumumkan pemenang lomba blog Open Source, yaitu lomba menulis artikel di blog dengan tema Open Source. Artikel-artikel peserta Lomba Blog ini telah diterbitkan pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2009. Dewan Juri menerima 261 artikel yang ditulis oleh 153 bloger dari seluruh Indonesia.

Pemenang Lomba Blog Open Source P2I LIPI 2009 adalah:

Pemenang Lomba Blog Kategori Umum:
Nama : Nur Aini Rakhmawati
Judul Tulisan : Open Source : Ekspresikan Mimpi Kita
URL: http://ai23.wordpress.com/2009/10/29/open-source-ekspresikan-mimpi-kita/

Pemenang Lomba Blog Kategori Pelajar:
Nama : Muhammad Nasrurrohman
Judul Tulisan : Nggak Mau Pake Software Open Source? Pikirkan Lagi!
URL: http://catkus.com/opini/nggak-mau-pake-software-open-source-pikirkan-lagi

Pemenang Lomba Blog Kreatif:
Nama : Heri Mulyo Cahyo
Judul Tulisan : Kecil-kecil keranjingan Open Source!
URL: http://hmcahyo.wordpress.com/2009/10/30/kecil-kecil-keranjingan-open-source/

Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan presentasi pemakalah yang dihadiri 28 pemakalah dari perguruan tinggi dan lembaga penelitian dari seluruh Indonesia. Pemakalah ini membawakan presentasi karya tulis tentang Open Source, yang lingkup kajiannya sangat luas, yaitu pengembangan Open Source, Aplikasi Open Source baik pada hadware maupun software, Sistem Operasi Open Source, dan Aspek sosial ekonomi dari Open Source. Selesai presentasi pemakalah, diumumkan pemakalah terbaik dan peserta yang beruntung untuk mendapatkan hadiah atau doorprize.

Panitia juga mengumumkan akan dilakukan training Distro Nusantara untuk para wartawan media elektronik dan cetak yang akan diadakan pada tanggal 2 Desember 2009 di Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI, yang beralamat di Jalan Sangkuriang Bandung. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mengirimkan data diri lewat email berupa nama, tanggal lahir, dan nama media ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Training tanggal 2 Desember 2009 adalah untuk 20 pendaftar pertama, dan pendaftar berikutnya akan dijadwalkan kemudian yang pengumumannya dapat dilihat di website informatika http://www.informatika.lipi.go.id Untuk mengikuti training ini, peserta tidak dipungut biaya (gratis).

 

Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI: Dr. Ir. Syahrul Aiman

Kepala Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI: Drs. Tigor Nauli

Ketua Tim Pengembang “Distro Nusantara” (IGN 2009): Ana Heryana, S.T.

Ketua Panitia Seminar Nasional Open Source Software (OSS) III Tahun 2009: Oka Mahendra, S.T.